Muqorrornya Berbicara.

"Nay, plis dong lu baca gue, nay. Besok ujian lu mau jawab apa dah?"

Aku, melirikpun tidak.
Hanya bergeming.
Berkutat dengan si kotak gepeng penyita jagad semesta.

"Naaayy!  Woy denger gasih woy!","serah lu dah ya. Lu tuh banyak tanggungan. Amanah umat ni woy. Udah tinggal besok mid termin masih aja gue dianggurin. Heran ah. "

Jari-jariku seperti semakin seru saja bercengkrama dengan maya.
Dalihnya, penghilang penat - pengembali semangat.
Tapi kok, malah mendominasi, ya.

Seakan bisa mendengar diskusi hatiku, dia bicara lagi.

"Alah omong kosong naay, nay. Lu niat lari dari bosen, apa lari dari kenyataan kalo besok ujian dan lu belom mateng persiapan, ha?",
"Ini se-bab lagi belom kesentuh. Udah di Azhar lu masih sanggup ngarepin keberuntungan tanpa usaha? Udah nyampe di Azhar gak belajar terus niat apa? Niat ngarang insya' di kertas jawaban? Ayo dong dengan kuantitas yang banyak ini lu harus yang berkontribusi buat perbaikan dan peningkatan kualitas, jangan sebaliknya!  Omong kosong kemaren katanya mau tobat tapi masih aja. Bukannya nyingkuk baca gue malah njleput sama si kotak gepeng itu. Sadar doang gak cukup woi. Lu kudu action. Kudu lawan ID lu, si pleasure principle. Nyarinya enak doang, gak realistis. Jangan sampe nay, umur lu udah 20 tapi malah sia-sia. Nikmat dikasih berlimpah malah kurang bersyukur. Jangan sampe nay, menyesal sedu sedan meratapi diri lu yang sekarang doyan nyantai wasting time. Na'udzubillah. Inget selalu kesakralan Azhar. Ini Al Azhar, Asy Syariif! Segala kemungkinan bisa terjadi disini. Jangan nutup mata nay! Jangan ngesok karena hingga apapun itu bisa menimpa siapapun, na'udzubillah,"

"dan, percuma aja nih, gue ngomong panjang lebar nyerocos dengan segenap ketulusan gue hadir bersama lu meski sering lu cuekin, tapi lu-nya gamau denger. Gak akan bisa tanpa lu sendiri yang berfikir, sadar, memutuskan dan bergerak. Gue tau lu bisa. Bisa ngelawan diri sendiri dan membangkitkan positivity inside you, motivating your own self, menyingkirkan setan-setan terkutuk yang masih ngebisik buat terus bikin lu ngeluh bilang 'i don't belong here' , 'i'm not supposed to be here'. Alah alah basi kali. Udah nyampe sini namanya YOU BELONG HERE! And yet this place is belong to you too! Ayo dong! Nay! Ayoooo cepetan baca gue sekaraaaangg!!!"

Aku mengangkat kepalaku.
Lalu beralih kepadanya.

Wahai muqorrorku.
Aku tau kamu hanya akan terima maafku kalo aku baca kamu.
Iya aku ngerti kok sekarang.

Oke.

Iya.

Oke iya kok iya, oke.

Anything else to say?

Tanyaku.

"Cuma mau bersemoga aja. Semoga lu cepet bergerak. Cepet eksekusi. Dan semoga juga temen-temen gue di rak buku temen-temen lu yang kemaren curhat karena bernasib sama kayak gue segera kenalan sama yang empunyanya."

Aamiin.

Yuk, aamiin kan bareng-bareng.

-

H-25.
Semoga sukses, teman-teman rantau seperjuangan.
Jauh-jauh jangan sampai sia-sia.

أوصيكم و إياي نفسي بتقوى الله،
مع التمنيات بالتوفيف و النجاح، و الامتياز.

Komentar

Postingan Populer